Press "Enter" to skip to content

Lomba Esai HPRL-78 Ditutup, 16 Karya Masuk ke Tahap Penjurian

Makassar, MALILIPOS.COM – Lomba Esai yang diselenggarakan oleh Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Provinsi Sulawesi Selatan sebagai rangkaian kegiatan Semarak HPRL-78 resmi ditutup pada Selasa, 23 Januari 2024 lalu.

“Alhamdulillah, sebanyak 16 karya tulis dari pelajar dan mahasiswa Luwu Raya yang masuk ke panitia, termasuk ada karya dari pelajar SMP,” kata Koordinator Lomba Esai Semarak HPRL-78, Ifan Pupuh Pratama kepada media ini, Kamis (25/01).

Ifan, sapaan karibnya menjelaskan, semua naskah tersebut tengah memasuki tahap penjurian oleh Dewan Juri yang dibentuk khusus oleh BPW KKLR Sulsel.

“Saat ini sudah masuk tahap penjurian sampai tanggal 30 Januari nanti,” tambahnya.

BACA:  SMP Negeri 3 Malili Gelar Reuni Akbar Perdana

Sementara itu Ketua Panitia Semarak HPRL-78 Asri Tadda mengatakan bahwa lomba esai sengaja dilakukan menyasar pelajar dan mahasiswa agar spirit HPRL juga dirasakan oleh kalangan generasi muda khususnya di Luwu Raya.

“Lomba esai ini memungkinkan adik-adik generasi muda untuk kembali membaca dan merenungkan bagaimana heroisme dan patriotisme para pejuang Luwu saat melawan penjajah Belanda 78 tahun silam,” ungkapnya.

Dengan begitu, kata Asri, para pelajar dan mahasiswa bisa mengetahui bagaimana sesungguhnya peristiwa 23 Januari 1946 dan siapa saja yang terlibat saat itu.

“Lumayan banyak literatur sejarah yang menceritakan peristiwa 23 Januari 1946. Jadi adik-adik ini tinggal mencari kembali, bisa lewat internet atau perpustakaan, lalu membaca informasi tentang peristiwa monumental tersebut,” jelas Asri.

BACA:  PP IPMALUTIM dan The Sawerigading Institute Gelar Lomba Menulis Esai Lawan COVID-19

Asri Tadda yang juga Sekretaris BPW KKLR Sulsel mengatakan, generasi muda diharapkan dapat menggali kembali semangat juang dan prinsip anti-penjajahan yang dipegang teguh para pejuang Luwu di masa lalu.

“Kita berharap dapat merefleksikan nilai-nilai perjuangan, heroisme, patriotisme dan konsistensi memperjuangkan keutuhan NKRI seperti diperankan oleh para pejuang 23 Januari 1946 silam, lalu ini menjadi energi dan motivasi dalam perjuangan di masa kini dan untuk masa depan Luwu Raya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pengumuman hasil penilaian tim juri lomba esai HPRL-78 akan diterbitkan melalui website BPW KKLR Sulsel di alamat www.sulsel.kklr.org pada 31 Januari 2024. Rencananya, beberapa karya terbaik akan diterbitkan dalam bentuk buku oleh BPW KKLR Sulsel.(*)