Press "Enter" to skip to content

Gerindra Isyaratkan Dukung IBAS – RIO, PDI Perjuangan Belum Bersikap

MALILIPOS.COM – Geliat politik menjelang Pilkada serentak September 2020 semakin kencang. Tak terkecuali di Kabupaten Luwu Timur. Perebutan dukungan partai politik pun kian mendekati babak final.

Meski belum ada pernyataan resmi, Partai Gerindra yang menguasai 4 dari 30 kursi di DPRD Luwu Timur telah mengisyaratkan bakal bergabung dengan kubu Irwan Bachri Syam – Andi Rio Patiwiri (IBAS – RIO).

Hal tersebut diketahui dari pernyataan Wakil Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan, Sawaluddin Arief, dilansir dari TribunLutim.com, Senin (06/07).

Sudah, Irwan Bachri Syam,” katanya singkat via pesan WhatsApp saat ditanya keputusan partainya di Pilkada Lutim.

Menurut Juru Bicara Gerindra Sulsel itu, Gerindra adalah partai besar, partai modern, partai terbuka dan partai masa depan.

BACA:  [POLLING] Siapa Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur Pilihanmu?

Sebagai partai besar, Gerindra sangat berkepentingan memenangkan pertarungan di pilkada Luwu Timur, sehingga sangat hati hati dalam memutuskan arah dukungan.

Karenanya, lanjut Sawaluddin, partai Gerindra tidak akan berkoalisi dengan partai abal-abal karena Gerindra sangat berkepentingan memenangkan pertarungan.

Partai Nasdem adalah partai besar di Luwu Timur, sehingga upaya untuk berkoalisi dengan Nasdem sangat memungkinkan,” katanya.

Sejauh ini, pasangan Muh. Thoriq Husler – Budiman Hakim (MTH – BUDI) diusung Partai Golkar (7 kursi), PAN (4 kursi), Hanura (3 kursi) dan PKB (1 kursi).

Sementara pasangan IBAS-RIO diusung oleh Partai Nasdem (4 kursi) dan Demokrat (2 kursi).

Kini tersisa 4 parpol (9 kursi) yang belum menentukan sikap resmi, masing-masing Gerindra (4 kursi), PDI Perjuangan (3 kursi), PKS (1 kursi) dan PBB (1 kursi).