Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Bagi Warga, Pemkab Lutim Gelar Gerakan Pangan Murah

waktu baca 2 menit
Selasa, 11 Jun 2024 17:55 0 1310 Tim Redaksi
 

Malili, MALILIPOS – Dinas Pertanian dan Ketanahan Pangan Kabupaten Luwu Timur menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pasar Tradisional Malili, Desa Baruga, Kecamatan Malili, Selasa (11/06/2024).

Gerakan Pangan Murah dilaksanakan serentak se-Sulawesi Selatan dalam rangka Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan sebagai upaya Pengendalian Inflasi jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024.

Dibuka secara virtual oleh Pj. Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh, GPM di Luwu Timur dihadiri langsung Bupati Luwu Timur H. Budiman, Sekda Lutim H. Bahri Suli beserta jajaran Pemkab Lutim, Kepala Desa Puncak Indah Muhammad Cakir, Pj. Kepala Desa Baruga Yudi Burhan dan perwakilan unsur TNI.

Dalam keterangannya, Budiman mengatakan GPM diharapkan dapat mengendalikan inflasi jelang hari raya Idul Adha tahun ini.

“Dengan adanya langkah-langkah strategis seperti ini, diharapkan inflasi dapat terkendali dan masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan lebih tenang dan bahagia,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Amrullah Rasyid menyampaikan, tujuan Gerakan Pangan Murah agar masyarakat dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau bagi masyarakat, khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha,” jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan Gerakan Pangan Murah menyediakan komoditas pangan pokok strategis seperti beras, bawang merah, bawang putih, aneka cabai, minyak goreng, gula pasir, telur ayam ras, telur bebek, terigu serta produk UMKM dan pangan lokal lainnya.

“Komoditi yang wajib disuport (melalui GPM ini) adalah komoditi yang mengalami kenaikan harga dan penyumbang inflasi mingguan sesuai hasil survei BPS di masing masing Kabupaten dan Kota,” tutup Amrullah. (via)