Semarak HPRL-78, KKLR Sulsel Bakal Gelar Ramah Tamah WTL di Rujab Gubernur

waktu baca 3 menit
Selasa, 2 Jan 2024 19:31 0 28 Tim Redaksi
 

Makassar, MALILIPOS.COM – Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-78, Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulawesi Selatan akan menggelar sejumlah kegiatan.

Diantaranya Malam Ramah Tamah Wija to Luwu (WTL) pada Sabtu, 13 Januari 2024 mendatang di Rujab Gubernur Sulsel, Senam Sehat, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan pada Minggu, 14 Januari 2024.

Kepastian mengenai kegiatan tersebut usai Panitia HPRL-78 dan Pengurus BPW KKLR Sulsel menggelar audiensi bersama Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, di kantornya, Selasa (02/01/2024).

Ketua Panitia HPRL ke-78 Asri Tadda, mengatakan, dalam audiensi atau pertemuan tersebut dibahas persiapan pelaksanaan kegiatan yang akan digelar pada 13-14 Januari 2024 di Makassar.

“Untuk tanggal 13 Januari itu akan dilakukan malam ramah tamah warga Luwu Raya yang bertempat di Rujab Gubernur. Kemudian di tanggal 14 Januari pagi dilakukan senam sehat dan juga bakti sosial donor darah serta pemeriksaan kesehatan gratis di area Car Free Day (CFD) Sudirman,” ucapnya.

Asri Tadda yang juga Sekretaris BPW KKRL Sulsel ini menyampaikan bahwa Pj Gubernur begitu antusias menyambut rencana kegiatan HPRL. Ia menyebut, rupaya orang nomor satu di Sulsel itu banyak tahu tentang sejarah perlawanan rakyat termasuk di Luwu.

“Pak Pj Gub begitu antusias dan paham betul bagaimana sejarah perlawanan terhadap kolonial yang juga nyambung dengan perlawanan rakyat Luwu yang diperingati setiap 23 Januari,” bebernya.

Dijelaskan Asri Tadda, BPW KKLR Sulsel merupakan paguyuban untuk warga yang berdomisili di luar Luwu Raya, terutama Makassar dan sekitarnya. Paguyuban ini kata dia, memiliki kepengurusan pusat yakni Badan Pengurus Pusat (BPP) KKLR.

Olehnya, Semarak HPRL-78 yang digelar BPW KKLR Sulsel sebenarnya hanya merupakan rangkaian acara kegiatan yang pusatnya nanti tetap dilangsungkan di Luwu Raya.

BACA:  Gelar Semarak HPRL-78, Ini Kegiatan Bakal Digelar KKLR Sulsel

“Karena sebenarnya peringatan HPRL ke-78 itu secara formal akan diperingati puncaknya di Kabupaten Luwu Timur pada tanggal 23 Januari 2024. Dan kami dari KKLR karena menyasar diaspora di luar Luwu Raya, makanya merayakannya dengan kegiatan sebelum hari puncak,” tandasnya.

Asri Tadda, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Ketua BPW KKLR Sulsel Ir Hasbi Syamsu Ali

Ketua Panitia Semarak HPRL-78 Asri Tadda, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Ketua BPW KKLR Sulsel Ir Hasbi Syamsu Ali

Di sisi lain, Asri Tadda turut menyampaikan pesan dari Ketua BPW KKLR Sulsel Ir Hasbi Syamsu Ali.

“Pak Ketua BPW KKLR Sulsel mengajak seluruh masyarakat Luwu Raya meramaikan kegiatan malam ramah tamah 13 Januari nanti, sekaligus mengundang untuk mengikuti senam sehat dan bakti sosial donor darah serta pemeriksaan kesehatan pada Minggu 14 Januari,” ujar Asri.

BACA:  SMP Negeri 3 Malili Gelar Reuni Akbar Perdana

Begitu juga dengan kegiatan lainnya, yaitu lomba menulis essai seputar HPRL tingkat pelajar dan mahasiswa se-Luwu Raya yang prosesnya dimulai tanggal 1-23 Januari 2024.

“Nah untuk lomba ini, yang kita harapkan adalah adik-adik pelajar dan mahasiswa ikut mengeksplorasi sejarah HPRL. Berharap anak-anak muda kita ini bisa mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan dari sejarah tersebut,” tukasnya.

Diketahui, hadir dalam audiensi bersama Pj Gubernur Sulsel, Ketua Umum BPW KKLR Sulsel, Ir Hasbi Syamsul Ali, Dr Abdul Muttalib Mustafa, Dr dr Evi Mustikawari Arifin yang juga Dirut RSUD Haji Makassar, Dr dr Ishaq Iskandar sekaligus Kadis Kesehatan Provinsi Sulsel, dan belasan orang pengurus BPP KKLR dan BPW KKLR Sulsel lainnya.(*)