Gelar Semarak HPRL-78, Ini Kegiatan Bakal Digelar KKLR Sulsel

waktu baca 2 menit
Kamis, 14 Des 2023 22:24 0 0 Tim Redaksi

Makassar, MALILIPOS.COM – Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Provinsi Sulawesi Selatan bakal memperingati Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-78 yang jatuh pada tanggal 23 Januari 2024 mendatang.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi Panitia Pelaksana Semarak HPRL-78 bersama pengurus KKLR Sulawesi Selatan yang berlangsung secara daring pada Kamis (14/12/2023) malam.

Dalam sambutannya, Ketua BPW KKLR Sulawesi Selatan Ir Hasbi Syamsu Ali mengatakan bahwa kegiatan Semarak HPRL akan menjadi kalender rutin organisasi yang dipimpinnya.

“Peringatan HPRL ini bisa menjadi momentum perekat para Wija to Luwu di manapun berada. Karena itu, KKLR berkomitmen menjadikan ini sebagai salah satu kalender kegiatan tetap setiap tahunnya,” jelasnya.

BACA:  Mompotuvu dan Urgensi Cuti Suami Saat Istri Melahirkan

Menurut Hasbi, peringatan HPRL setiap tahun seharusnya bisa memberikan inspirasi dan motivasi perjuangan bagi setiap Wija to Luwu di manapun berada.

“Memperingati HPRL ibaratnya menggali kembali semangat kepahlawanan dan menguggah spirit perlawanan terhadap segala bentuk penjajahan dan ketidakadilan dalam kehidupan kita,” ujar dia.

Hasbi menambahkan, para pahlawan yang terlibat dalam aksi Perlawanan Rakyat Luwu 23 Januari 1946 telah menunjukkan wujud nyata pengorbanan untuk mempertahankan hak dan mengusir penjajah dari Luwu.

“Dulu mereka berjuang dan berperang melawan penjajah kolonial. Kini, spirit HPRL harus dimaknai sebagai perlawanan terhadap segala bentuk ketidakadilan khususnya yang dirasakan oleh masyarakat Luwu Raya,” tegas pria alumnus Lemhanas itu.

BACA:  SMP Negeri 3 Malili Gelar Reuni Akbar Perdana

Pada peringatan HPRL-78 tahun 2024 mendatang, BPW KKLR Sulsel kembali akan menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan warga Luwu Raya atau dikenal sebagai Wija to Luwu (WTL) yang ada di Makassar dan sekitarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Semarak HPRL-78 KKRL Sulsel Asri Tadda menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa agenda kegiatan.

“Rapat sudah menetapkan tanggal 14 Januari 2024 nanti sebagai puncak Semarak HPRL-78 di Makassar. Insya Allah akan ada kegiatan Malam Ramah Tamah WTL, Senam Sehat dan Aksi Sosial serta Dialog Wija to Luwu,” jelasnya.

Selain itu, tambah Asri, panitia juga akan menggelar sejumlah kegiatan lain di komunitas pelajar dan mahasiswa Luwu Raya, serta di setiap kabupaten/kota se-Luwu Raya.

BACA:  Deklarasi di Patallasang, Mileanies Takalar Siap "Presidenkan" Anies Baswedan

“Akan ada juga kegiatan-kegiatan lain di daerah, mulai di Belopa, Palopo, Masamba dan Malili. Komunitas pelajar dan mahasiswa Luwu Raya yang ada di Makassar juga akan kita fasilitasi. Semuanya dalam rangka menyemarakkan peringatan HPRL-78,” beber Asri yang juga Plt Sekretaris Umum BPW KKLR Sulsel.

Untuk diketahui, puncak peringatan HPRL-78 akan dilaksanakan di Kabupaten Luwu Timur yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah, dirangkaikan dengan peringatan Hari Jadi Luwu ke 756, mulai tanggal 20-23 Januari 2024 mendatang.***