Press "Enter" to skip to content

Cara Menjadi Relawan Anies Menurut Waketum Korean Asri Tadda

MALILIPOS.COM – Tak terasa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin dekat. Dinamika politik seputar Capres dan Cawapres pun semakin memanas.

Meaki belum ada pasangan Capres-Cawapres yang dideklarasikan resmi oleh Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) usungan Nasdem, Demokrat dan PKS, pergerakan relawan Anies Baswedan semakin tak terbendung.

Hingga saat ini sudah ratusan simpul relawan terbentuk di seluruh daerah di Indonesia. Mereka memakai nama yang berbeda-beda.

Terkait fenomena ini, Wakil Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn) Asri Tadda mengatakan bahwa munculnya banyak simpul relawan merupakan wujud kesadaran politik warga negara.

“Menjadi relawan untuk Anies Baswedan itu merupakan panggilan nurani. Mereka ingin berjuang secara tulus tanpa dibayar sepeser pun, tak lain hanya untuk mendapatkan pemimpin terbaik yakni Pak Anies,” jelas Asri.

BACA:  Mohola Padoe: Suku Padoe Harus Bersatu Jika Ingin Berubah!

Tugas utama sebagai relawan, lanjut Asri, adalah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bahwa sosok Anies Baswedan adalah figur paling tepat untuk melakukan perubahan dan perbaikan bagi bangsa ini.

“Relawan berperan melakukan penyadaran politik tentang pentingnya mendukung Anies sebagai Capres, baik kepada rekan, keluarga dan tetangga-tetangganya sesuai kemampuan. Itu yang paling minimal bisa dilakukan relawan,” ungkap Asri yang juga Sekjen DPP Mileanies, salah satu simpul relawan di bawah KoReAn.

Meski bekerja secara tanpa pamrih, relawan tetap perlu mengorganisasikan diri agar perjuangannya bisa berhasil.

“Karena itu kami membentuk Konfederasi Nasional Relawan Anies atau KoReAn, untuk memayungi dan menjadi pusat komunikasi dan informasi strategis bagi simpul-simpul relawan yang terbentuk,” tambah Asri.

BACA:  Bukber KKLR Luwu Timur, Prof Jasruddin Beri Tausiah Edukasi Spiritual pada Mahasiswa

Menurutnya, di naungan KoReAn saat ini telah terbentuk sekitar 250 simpul relawan Anies Baswedan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Simpul-simpul relawan itu terbentuk secara mandiri di berbagai wilayah. Ada yang level lokal di Kabupaten saja, ada yang tingkat Provinsi, dalam satu Pulau dan ada yang memang level Nasional dengan struktur lengkap hingga ke daerah,” jelasnya lagi.

Ditanyakan bagaimana bergabung sebagai relawan Anies Baswedan, Asri membeberkan caranya.

“Kalau sudah ada 3-5 orang yang sepakat mau berjuang memenangkan Pak Anies di wilayahnya, bisa membentuk simpul relawan sendiri. Tinggal cari nama dan bisa meminta diterbitkan SK dari KoReAn sehingga bisa terkonsolidasi dengan baik secara nasional,” beber Ketua Mileanies Sulsel itu.

BACA:  Tak Mau Ketinggalan, Mileanies24 Bulukumba Akan Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Presiden 2024 Sabtu Besok

Pilihan lainnya adalah dengan mendaftarkan diri dan bergabung pada simpul-simpul relawan yang sudah terbentuk.

“Bisa juga daftar mandiri di www.koreanies.com, isi biodata lengkap lalu pilih bergabung ke salah satu simpul relawan yang sudah eksis di KoReAn,” pungkas Asri yang sudah jadi relawan Anies sejak Mei 2021 silam.**