Press "Enter" to skip to content

Terkendala Tenaga Laboran, Puskesmas Lampia Luwu Timur Belum Siap Rapid Test Massal

MALILIPOS.COM – Puskesmas (PKM) Lampia Kabupaten Luwu Timur ternyata belum siap melaksanakan rapid test massal pada hari ini. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala PKM Lampia Samriani, Selasa (02/06/2020).

Kami belum bisa lakukan rapid test (massal) di PKM Lampia karena tenaga laboran kami telah mengundurkan diri beberapa waktu yang lalu karena alasan keluarga,” kata Samriani yang dihubungi MaliliPos.com melalui telepon.

Samriani juga menambahkan, kendala lain terkait pelaksanaan rapid test adalah karena alat sentrifuge di Puskesmasnya sedang rusak.

Sentrifuge kami rusak, saat ini masih sementara diservis,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Samriani, kalaupun ada permintaan rapid test atas indikasi pemeriksaan dokter dan sifatnya mendesak, pihaknya tetap bisa lakukan tetapi dengan cara mengirim sampelnya ke PKM Malili.

BACA:  Belum Siap, Sejumlah PKM di Luwu Timur Urung Lakukan Rapid Test Massal

Kalau mendesak atas indikasi dokter, kami bisa ambil sampel rapid test tetapi harus dikirim ke PKM Malili untuk diperiksa lebih lanjut,” timpalnya.

Ditanyakan bagaimana solusi untuk masalah ini, Samriani menjelaskan akan segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Luwu Timur.

Hari ini saya mau ke Dinkes untuk minta agar bisa dipinjamkan tenaga laboran dari PKM Malili dengan surat tugas Dinkes ke PKM Lampia,” jelas Samriani.

Sebelumnya, Senin (01/06) kemarin, Juru Bicara TGTPP Covid-19 Luwu Timur Masdin mengatakan, rapid test massal akan dilaksanakan di seluruh PKM Luwu Timur mulai hari ini.

Terkait hal ini, MaliliPos.com telah menghubungi Plt Dinkes Luwu Timur dr Rosmini Pandin maupun Juru Bicara TGTPP Covid-19 Luwu Timur Masdin, tetapi hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari keduanya. *

Reporter: Asta Q.
Editor: Tim Redaksi