Intip Rahasia Hidup Sehat dan Bugar dari Mahathir Mohamad

waktu baca 3 menit
Senin, 27 Mei 2024 16:18 0 74 Tim Redaksi

Di usianya yang sudah 98 tahun, Mahathir masih terlihat sehat bugar beraktifitas layaknya seorang yang masih berusia muda.

 

MALILIPOS.COM – Siapa yang tak kenal dengan mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia dua kali, Tun Dr. Mahathir bin Mohamad atau lebih populer dipanggil Mahathir Mohamad?

Di usianya yang sudah 98 tahun, Mahathir masih terlihat sehat bugar beraktifitas layaknya seorang yang masih berusia muda.

Tokoh politik senior ini pernah menjadi Perdana Menteri Malaysia keempat pada 16 Juli 1981, memimpin negeri Jiran selama periode 1981-2003.

Mahathir lalu terpilih kembali sebagai Perdana Menteri yang ketujuh pada 10 Mei 2018, membuatnya menjadi pemimpin tertua yang menjabat sebagai kepala pemerintahan di dunia pada saat itu yang menjabat sebagai kepala pemerintahan. Ia mengundurkan diri pada 24 Februari 2020.

Mahathir mendirikan beberapa partai politik, termasuk United Malays National Organisation (UMNO) Baru, Parti Pribumi Bersatu Malaysia (BERSATU), dan Pejuang Tanah Air (PEJUANG).

Selama masa jabatannya, Mahathir mengimplementasikan berbagai kebijakan yang mendorong industrialisasi, seperti kebijakan “Dasar Ekonomi Baru” dan “Dasar Pembangunan Nasional”.

Ia juga dikenal dengan proyek infrastruktur besar seperti Menara Kembar Petronas dan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

Mahathir Mohamad adalah seorang pemimpin yang telah meninggalkan jejak yang mendalam dalam sejarah Malaysia melalui kebijakan dan visinya untuk pembangunan negara.

Hidup Sehat dan Bugar dari Mahathir Mohammad

Mahathir Mohamad terlihat awet muda karena beberapa faktor yang berkaitan dengan gaya hidup dan kebiasaan sehatnya.

Berikut beberapa alasan mengapa Mahathir terlihat awet muda dan tetap sehat hingga kini:

  1. Pola Makan Sehat: Mahathir sangat menjaga pola makannya dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Dia menghindari makanan berlemak tinggi dan lebih memilih makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayuran dan buah-buahan. Nutrisi yang baik membantu menjaga kulit dan tubuh tetap sehat.
  2. Olahraga Teratur: Mahathir rutin berolahraga, seperti berjalan kaki dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Olahraga membantu menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperlambat proses penuaan.
  3. Mengelola Stres dengan Baik: Mahathir memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola stres. Stres yang berkepanjangan dapat mempercepat proses penuaan, sehingga kemampuan untuk mengelola stres dengan baik membantu Mahathir tetap awet muda.
  4. Tidur yang Cukup dan Berkualitas: Mahathir memastikan dirinya mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Tidur yang baik membantu tubuh melakukan regenerasi sel dan memperbaiki kerusakan yang terjadi selama aktivitas sehari-hari.
  5. Tidak Merokok dan Menghindari Alkohol: Mahathir tidak merokok dan menghindari konsumsi alkohol, dua kebiasaan yang dikenal dapat mempercepat proses penuaan dan merusak kesehatan secara keseluruhan.
  6. Pemeriksaan Kesehatan Rutin: Mahathir secara teratur memeriksakan kesehatannya. Pemeriksaan kesehatan rutin membantu mendeteksi dini masalah kesehatan dan mengambil langkah pencegahan yang tepat.
  7. Sikap Mental Positif: Mahathir selalu berpikir optimis dan memiliki sikap mental yang positif. Sikap mental yang positif dapat berdampak besar pada kesehatan fisik dan mental, membantu mengurangi efek penuaan.
  8. Aktif dan Terlibat dalam Aktivitas: Mahathir tetap aktif dan terlibat dalam berbagai aktivitas, baik secara fisik maupun intelektual. Keterlibatan aktif ini membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap terstimulasi dan sehat.

Gaya hidup yang sehat dan seimbang ini membantu Mahathir Mohamad mempertahankan penampilan yang awet muda dan kesehatan yang baik sepanjang hidupnya. [*]