Sulsel Resmi Dilantik, IHO Sulsel Siap Jadi Mitra Pemerintah di Bidang Kesehatan

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Nov 2023 20:53 0 11 Tim Redaksi
 

Makassar, MALILIPOS.COM — Indonesia Health Observer (IHO) atau Observasi Kesehatan Indonesia (Obkesindo) Kordinatoriat Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan resmi dilantik pada hari ini, Selasa (28/11/2023).

Pelantikan yang digelar di Baruga Anging Mammiri Rujab Walikota Makassar, Jalan HIA Saleh Dg Tompo itu, dihadiri langsung oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat IHO dr. Abidinsyah Siregar.

Dalam sambutannya, Abidinsyah menegaskan bahwa IHO harus menjadi mitra pemerintah dalam persoalan masalah kesehatan apakah itu menyangkut pelayanan, penurunan stunting, derajat kesehatan.

“IHO harus menjadi mitra pemerintah khususnya dalam pembangunan kesehatan di setiap tingkatan wilayah. Hanya dengan cara itu organisasi ini bisa berperan optimal,” ugkapnya.

Abidinsyah berharap, pengurus IHO Sulawesi Selatan yang dipimpin dr. Alwie Mappiasse dapat segera melakukan konsolidasi organisasi serta merumuskan program kerja.

“Setelah ini IHO Sulsel harus segera lakukan konsolidasi organisasi dan merumuskan program kerja yang bisa dilaksanakan untuk satu periode ke depan agar bisa memberi manfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara ini,” harap dia.

Sementara itu dalam salinan Anggaran Dasar (AD) yang didapatkan media ini, disebutkan bahwa IHO akan mengawal dan memastikan berjalannya seluruh agenda pembangunan nasional yang berwawasan kesehatan.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai bahagian dari ketahanan nasional dan hak azasi seluruh rakyat Indonesia.

Pelantikan pengurus IHO Sulawesi Selatan hari ini berlangsung khidmat dan penuh suasana kekeluargaan. Puluhan pengurus mengikuti acara dengan antusias hingga selesai sekitar pukul 14.00 WITA.

Selain pengurus inti, struktur IHO Sulawesi Selatan diperkuat oleh delapan Biro, diantaranya Biro Kebijakan Pelayanan Kesehatan, Biro Pendidikan dan Penyuluhan, Biro Pelayanan dan Pengaduan, Biro Pengamanan Bencana, Biro Informasi Pelayanan Publik, Biro Pangan dan Gizi serta Biro Kesehatan Masyarakat.

Sejumlah tokoh kesehatan di Sulsel tercatat sebagai pengurus, diantaranya dr Bahtiar Baso yang menjadi Wakil Ketua, dr Tedy Amiruddin sebagai Sekretaris, Dr Husni Tamrin, Dr Muhammadong, Prof Sukri Palutturi, dan masih banyak lagi yang lain.

Berikut adalah susunan pengurus inti organisasi IHO Korwil Sulawesi Selatan Periode 2023-2028.

Ketua: dr. Alwie Mappiasse, Sp.KK, Ph.D
Wakil Ketua: Dr. dr. Bahtiar Baso, M.Kes
Sekretaris: dr. Teddy Amiruddin, M.Kes., MMR
Wakil Sekretaris: Nasrun Hamzah, SH., MM
Bendahara: Yaya Rosdaya, SH, SE., M.Kn
Wakil Bendahara: Pieter Gozal, MBA.***