Menhub Budi Karya Dikabarkan Kembali Positif Covid-19, Begini Fakta Sebenarnya!

waktu baca 2 menit
Minggu, 17 Mei 2020 08:10 0 19 Tim Redaksi
 

MALILIPOS.COM – Kabar tentang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali positif Covid-19 sempat viral di berbagai lini sosial media, Sabtu (16/05) kemarin.

Hal ini sontak memancing perhatian warganet. Sejumlah akun media sosial baik di Twitter maupun Facebook memposting tautan berita dari beberapa media online yang memberitakan hal ini.

Setelah ditelusuri oleh MaliliPos.com, informasi yang disampaikan ini ternyata bias. Kabar bahwa Budi Karya Sumadi kembali positif COVID-19 diketahui bermula dari diskusi daring Tempo, Sabtu (16/5/2020).

Dalam acara tersebut, Budi Karya menceritakan bahwa dirinya sempat kembali dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, setelah sebelumnya dinyatakan sembuh.

Dirinya mengatakan, pada awalnya dokter telah menyatakan dirinya sembuh dari infeksi virus corona melalui dua kali pemeriksaan dan dibolehkan pulang ke rumah.

Namun, ketika sedang menjalani karantina mandiri di rumahnya, Budi Karya sempat dinyatakan kembali terinfeksi corona.

Masak saya di rumah sempat positif lagi, 15 hari setelah di rumah. Setelah itu dites lagi, dua kali, negatif,” ujar Menhub Budi Karya.

Sebagaimana diketahui, Menhub Budi memang sempat 14 hari tidak sadarkan diri di RSPAD dan terpaksa menggunakan alat bantu pernapasan akibat terinfeksi covid-19.

Pada hari ke-18, ventilator di lepas. Lima hari setelah alat bantu pernafasan dilepas, Menhub Budi dinyatakan sembuh dari infeksi covid-19.

Setelah itu dipersilakan pulang, sudah melewati masa kritis, lewat 4 sampai 5 hari dinyatakan negatif, saya dinyatakan boleh pulang,” kisah Budi Karya.

Nah, kisah Budi Karya dari diskusi daring Tempo inilah yang dikutip secara tidak lengkap oleh sejumlah media online dan menjadi viral.

Klarifikasi Kemenhub

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, saat ini Menhub Budi Karya Sumadi dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan terhitung sejak 27 April 2020.

Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes swab PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19.

Menhub dinyatakan positif kembali, dimana saat itu masih dalam perawatan dokter RSPAD. Pada tanggal 27 April 2020 Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya, Sp THT, Wakil Kepala RSPAD,” jelas Adita Irawati. []